• <div style='background-color: #000000;'><a href='http://www.rsspump.com/?web_widget/rss_ticker/news_widget' title='News Widget'>News Widget</a></div>

Program Rehabilitasi Sekolah Selesai 98 Persen

BOGOR, KOMPAS.com — Direktur Pembinaan Sekolah Dasar (SD) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Ibrahim Bafadal mengatakan, pelaksanaan gerakan nasional rehabilitasi sekolah rusak tahun 2011 telah mencapai 98 persen. Hal ini berarti telah menyentuh 8.700 ruang kelas di 2.180 sekolah (SD) di seluruh Indonesia.

"Program ini berjalan baik. Ada beberapa sekolah yang masih di tahap finishing, tapi itu karena kendala geografis, terutama untuk sekolah di luar Jawa," kata Ibrahim di sela-sela peresmian SDN 1 Babakan Madang, Bogor, Minggu (1/4/2012).

Seperti diberitakan, rehabilitasi sekolah rusak merupakan gerakan nasional yang diusung oleh Kemdikbud. Tujuannya untuk memperluas akses pendidikan sekaligus upaya meningkatkan mutu pendidikan itu sendiri.

Ibrahim menjelaskan, masing-masing kerusakan memiliki kategori tersendiri. Sekolah yang tingkat kerusakannya mencapai 45-65 persen masuk dalam kategori rusak berat, dan berhak menerima bantuan pemerintah sebesar Rp 102 juta untuk rehabilitasi atau bangun ulang setiap kelasnya. "Tergantung dari tingkat kerusakan, tapi ada anggaran dasarnya. Kerusakan di atas 45 persen maka anggarannya Rp 102 juta," kata dia.

Untuk diketahui, sumber dana program rehabilitasi sekolah (rusak berat dan ringan) berasal dari APBN melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), dan APBD. Sementara itu, sekolah diperkenankan menggunakan dana bantuan operasional sekolah (BOS) untuk mengatasi kerusakan ringan. Pemerintah menargetkan pada 2013 sudah tidak ada lagi sekolah yang masuk dalam kategori rusak berat.

Sumber: http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/01/14210476/Program.Rehabilitasi.Sekolah.Selesai.98.Persen

0 komentar:

Posting Komentar