• <div style='background-color: #000000;'><a href='http://www.rsspump.com/?web_widget/rss_ticker/news_widget' title='News Widget'>News Widget</a></div>

Wah, Anak SD Ciptakan Alat Deteksi Gempa

Metrotvnews.com, Gresik: Siswa Sekolah Dasar Muhamadiyah 1 Gresik, Jawa Timur, berhasil menciptakan alat deteksi gempa, Senin (16/4). Alat tersebut dibuat dengan memanfaatkan kaleng bekas, baterai dan magnet.

Alat deteksi gempa itu diberi nama Omplong Gempa. Nama tersebut terinspirasi dari gempa berskala 8,5 richter di Aceh pada minggu lalu. Meski cukup sederhana, namun Omplong Gempa cukup efektif. Setidaknya mampu memberikan peringatan dini kepada warga jika terjadi gempa, terutama saat malam hari.

Proses pembuatannya cukup dengan melubangi kaleng susu bekas untuk lintasan kawat yang menghubungkannya dengan bandulan magnet. Alat tersebut hanya memanfaatkan tenaga baterei sebesar sembilan volt.

Cara kerja Omplong Gempa juga sederhana, sirine akan berbunyi jika bandulan magnet bergerak saat terkena getaran gempa dan menempel pada bagian dinding kaleng bekas. Bunyi sirine berasal dari arus listrik baterai, yang selanjutnya memberi peringatan dini kepada penghuni rumah.

Alat tersebut cukup dipasang di tiap rumah warga, terutama daerah rawan gempa seperti Banda Aceh.

Penemu Omplong Gempa, Nevinda Yogastyawan mengatakan, sengaja memberi nama Omplong Gempa karena alat deteksi gempa tersebut memanfaatkan kaleng bekas yang banyak ditemui di sekitar lingkungan rumah warga.

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 1 Gresik, Ichwan Arif mengatkan pembuatan Omplong Gempa merupakan bagian dari penerapan pendidikan Fisika dalam kehidupan sehari-hari. Pihaknya akan menyempurnakan Omplong Gempa karya Nevinda, agar dapat lebih bermanfaat bagi masyarakat luas. (Wtr4)

Sumber: http://www.metrotvnews.com/read/newsvideo/2012/04/17/149289/Wah-Anak-SD-Ciptakan-Alat-Deteksi-Gempa/6

0 komentar:

Posting Komentar