• <div style='background-color: #000000;'><a href='http://www.rsspump.com/?web_widget/rss_ticker/news_widget' title='News Widget'>News Widget</a></div>

Pelaksanaan Kegiatan “Mahasiswa Mengajar” di Desa Conggeang Wetan

“Mahasiswa Mengajar”

Deskripsi Kegiatan
Kegiatan mengajar di SMP dilaksanakan dari tanggal 11-25 Januari 2012 dengan melakukan orientasi lingkungan SMPN 1 Conggeang Wetan terlebih dahulu. Kemudian mahasiswa KKN bekerja sama dengan pihak guru dalam hal memberikan materi kepada murid sesuai dengan silabus. Mahasiswa KKN mengajar kelas VII, VIII, dan IX. Mata pelajaran yang diajarkan oleh mahasiswa KKN adalah Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Sunda, IPS, Agama, PPKn, dan Matematika. Selain itu mahasiswa KKN juga mengadakan les atau bimbingan belajar bagi murid SMP di rumah mahasiswa KKN. Lalu pada akhir jadwal kegiatan mengajar mahasiswa KKN, mahasiswa mengadakan perpisahan dengan guru-guru di SMP 1 Conggeang Wetan.

Sasaran Kegiatan
Sasaran kegiatan dari program ini adalah seluruh siswa yang bersekolah di SMP 1 Conggeang Wetan.

Kendala Kegiatan
Selama Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), murid SMP kurang memiliki inisiatif dan respon dalam hal materi yang diberikan oleh mahasiswa KKN. Seperti murid kurang banyak bertanya akan materi yang masih susah bagi mereka. Tiap murid juga tidak semua memiliki buku yang menunjang materi yang diberikan. Dalam lingkungan sekolah, kurangnya fasilitas yang memadai seperti globe, peta, dan peralatan laboratorium. Saat mahasiswa KKN mengadakan les atau bimbingan belajar, murid SMP kurang respon untuk ikut belajar bersama di rumah mahasiswa KKN. Sehingga, hanya beberapa murid SMP yang ikut berpartisipasi dalam bimbingan belajar.

Respon Kegiatan
Keluarga besar SMP 1 Conggeang Wetan memiliki respon yang baik dalam menerima mahasiswa KKN dalam berpartisipasi KBM.

BIDANG MENGAJAR KE SDN 1 DAN SDN 4 CONGGEANG WETAN
Deskripsi Kegiatan
Kegiatan belajar mengajar di SDN 1 Conggeang Wetan dan SDN 4 Conggeang Wetan berlangsung dari tanggal 11 – 25 Januari 2012. Sebelum memulai kegiatan belajar mengajar, mahasiswa KKN melakukan observasi perihal cara mengajar yang diterapkan di sekolah tersebut. Selama masa kegiatan berlangsung mahasiswa KKN mengajar hampir di semua kelas yang ada. Di SDN 1 mahasiswa KKN mengajar di kelas 4, 5, dan 6. Mata pelajaran yang mahasiswa KKN berikan meliputi Matematika, IPA, dan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sedangkan di SDN 4 mahasiswa KKN mengajar di kelas 1, 3, 4, 5, dan 6. Mata pelajaran yang mahasiswa KKN berikan meliputi Tematik, Matematika, IPA, IPS, Agama Islam, Kerajinan Tangan dan Kesenian, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Selain melakukan kegiatan belajar mengajar di sekolah, mahasiswa KKN juga mengadakan les atau bimbingan belajar di tempat kediaman mahasiswa KKN. Bimbingan belajar dilaksanakan hampir setiap harinya selama masa kegiatan tersebut berlangsung.

Sasaran Kegiatan
Sasaran kegiatan dari program ini adalah seluruh siswa yang bersekolah di SDN 1 Conggeang Wetan dan SDN 4 Conggeang Wetan.

Kendala Kegiatan
Antusiasme anak-anak yang terlalu tinggi terhadap kegiatan belajar mengajar tambahan yang ditawarkan membuat mereka lupa untuk beristirahat terlebih dahulu. Hal ini membuat mahasiswa KKN terkadang kewalahan menghadapi anak-anak yang begitu banyak. Selebihnya, tidak ada kendala yang berarti selama proses kegiatan belajar mengajar di SDN 1 dan SDN 4 Conggeang Wetan berlangsung.

Respon Kegiatan
Respon yang mahasiswa KKN terima sangat baik selama kegiatan berlangsung meskipun proses belajar mengajar tambahan telah berakhir. Siswa SDN 1 dan SDN 4 Conggeang Wetan sangat menghormati dan tidak segan untuk melakukan interaksi dengan mahasiswa KKN.

Sumber: http://blogs.unpad.ac.id/kknmconggeangwetan2012/

0 komentar:

Poskan Komentar